Laman

Selasa, 08 November 2011

Gue: Putrie Ananda

Putrie Ananda adalah nama pemberian orang tua gue 21 tahun yang lalu. Gue  lahir sebagai anak pertama dari 3 bersaudara. Karena gue nggak suka persaingan, gue lebih senang tinggal bersama nenek dan kakek , dengan begitu gue aan jadi cucu sekaligus anak tunggal di kediaman beliau. Mungkin karena itu juga gue tumbuh jadi anak manja, cengeng, dan agak sombong. Tapi itu dulu, kata budhe gue, gue yang sekarang udah beda banget sama gue ABG dulu. Gue yang sekarang jauh lebih ramah and banyak senyum. Tapi kalo nyun gue bilang ini namanya bukan ramah tapi bawel. Hmmmm
Gue menamatkan sekolah dasar gue di SDN 1 Timbul harjo dengan menyandang predikat terbaik 1. Jaman dulu kan belum ada internet, jadi godaan untuk gak belajar kecil, lagipula sebagai cucu tersayang dari pendiri sekaligus kepala supervisor atau penilik sekolah, jelas gue malu donk kalo sampe jadi nomor 2 apalagi 3. Yups, kakek gue selalu ngasih gue wejangan-wejangan yang selalu bisa ngebuat gue terharu dan termotivasi untuk belajar dan bisa. Ditambah dengan makanan bergizi masakan nenek gue yang gue santap setiap harinya, wajar aja kalo gue cerdas. Hehe
Sebagai siswa yang pintar jelas gue gak mau donk menetap di desa. Gue ngelanjutin sekolah gue di SMP N 3 Purwokerto di Jawa Tengah, salah satu sekolah Favorit di Purwokerto. Sayangnya entah karena bawaan Sumatra gue atau emang saingannya ketat, gue  Cuma bisa nangkring di peringkat ke 7 di tahun pertama gue tapi gue berhasil menggaet peringkat 5 di akhir  masa sekolah gue. Itu sudah paling membanggakan loch karena sebagai penutur Melayu gue harus belajar bahasa Jawa, mulai dari Ngoko, kromo, juga aksara. Itu semua gue pelajari dari nol, sedangkan temen-temen gue sudah hafal di luar kepala. Alhamdulillahnya neh, gue bisa menguasai, bahkan sampai sekarangpun masih melekat di otak gue. Tapi kaena jarang banget digunakan ya agak memudar kemampuan bahasa Jawa gue.
Oke. Pada waktu SMP inilah polemic hidup gue dimulai, di tahun yang sama dua orang yang berarti banget dalam hidup gue pergi untuk selama-lamanya, bokap and kakek gue. Otomatis gue harus nemenin nyokap gue. Akhirnya gue mutasi kembali ke Pulai Sumatra dan sekolah di sekolah terdekat dari rumah gue karena memang saat itu perekonomian keluarga sedang sangat tidak stabil. Gue sekolah itupun gratis karena kakek gue yang mendirikan sekolah itu dulu.
Tidak berhenti sampai disitu, nyokap gue menikah lagi dan gue nggak betah tinggal dengan ayah tiri gue, akhirnya gue mutusin untuk pergi sejauh mungkin dari rumah. Dengan alasan diterima di Universitas Jambi, gue berangkat ke jambi tanpa kenalan seorangpun. Alhamdulillah yah gue bisa survive. Tapi ternyata cobaan Tuhan buat gue nggak Cuma segitu, terlalu ringan, mungkin Tuhan bilang seperti itu. Di tahun pertama gue kuliah nyokap gue divonis mengidap Seviks stadium 3B disusul dengan skandal perselingkuhan bokap tiri gue. Kadang-kadang Tuhan kalo becanda suka nggak lucu, masak keluarga gue dikasih cobaan bertubi-tubi tanpa jeda. Nyokap akhirnya nyusul bokap, tepatnya 8 Februari 2 tahun yang lalu, kado terindah dari Tuhan di hari ulang tahun gue.
20 hari setelah nokap gue meninggal bokap tiri gue lagsung menikah dengan selingkuhannya. Sebenernya gue nggak peduli dia mau menikah dengan siapa, Cuma adik-adik gue tinggal dengan mereka, itu yang bikin gue nggak terima. Tapi satu janji gue dengan mendiang nyokap kalo suatu saat nanti gue pasti akan ngejemput mereka buat tinggal baren gue dan suami gue. Ngomong-ngomong soal suami neh, gue punya pacar yang super sibuk namanya Nyun, ups.. itu panggilan sayang gue nama dia yang tercatat di SK Pegawai Negeri Militer adalah Irfan Setiawan. Yups, doi adala salah satu dari manusia berbaret hitam yang mangkal di KODAM Sriwijaya Palembang. Jodoh emang ditangan Tuhan, tapi nggak ada salahnya donk kalo gue berdoa supaya dia jodoh gue karena satu-satunya cara buat nyenengin nenek gue adalah menikah dengan doi. Yeah, nenek gue saying setengah mati sama dia, dan kalian tau kan setelah nyokap gue tiada gue menjadi tanggungan nenek gue. Nyawa pun gue pertaruhkan buat nyenengin beliau. I’m Sure. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar